TIPS

Tips Meningkatkan prestasi belajar

 

 

'

 

Meningkatnya prestasi belajar, bukan hanya harapan kita sendiri tetapi juga merupakan dambaan yang diharapkan dari setiap guru/dosen yang mengajar, harapan dari orangtua kita, juga menginginkan anaknya memperoleh prestasi belajar yang meningkat. Untuk meningkatkan prestasi belajar kita tidak cukup hanya menerima pembelajaran yang diterima disekolah, tetapi harus di adanya pengulangan kembali pelajaran di luar jam sekolah misalnya dirumah.
Tips dan trik meningkatkan prestasi belajar  :
  • Mengulang pelajaran secara rutin. 
Biasakan mengulang pelajaran secara rutin setiap hari. kamu bisa ingat semua yang kamu baca, hanya dengan sekali membaca, belajar sistem kebut semalam atau SKS, sebaiknya jangan dijadikan kebiasaan.
  • Lebih maju selangkah.
Manfaatkan waktu luangmu dengan membaca setidaknya satu bab lebih awal dari teman-teman sekelas. Dengan ini ketika guru menerangkan. peluang pelajaran untuk masuk/diterima keotak menjadi lebih besar.
  • Jangan menumpuk ketidak pahamaan pelajaran.
Jangan biasakan menumpuk ketidak mengertian/pahaman terhadap pelajaran. Begitu ada yang tidak mengerti atau tidak paham sebaiknya langsung ditanyakan kepada guru/dosen kamu jangan malu untuk bertanya, atau meminta temanmu yang mengerti untuk menerangkanya, setelah pelajaran usai. Karena setiap pelajaran biasanya akan selalu berkaitan dengan pelajaran sebelumnya, jadi harus paham pelajaran pelajaran sebelumnya. seperti pelajaran matematika, fisika dst.
  • Belajar kelompok
Belajar klompok bisa menjadi alternatif yang bagus supaya ada interaksi dengan teman-teman. Berusahalah aktif dalam kelompok belajarmu, jangan pasif, atau bengong.
  • Jangan malas berlatih
Untuk soal soal yang memerlukan skill matematis, perbanyaklah latihan banyak latihan akan  mempermudah menghadapi ujian karena sudah terbiasa mengerjakan latihan-latihan soal. Cari bahan-bahan ujian tahun-tahun sebelumnya sebab biasnya pelajaran dari tahun-tahun nyaris sama hanya angka dan bentuk penyajian soal yang berbeda.
  • Membawa buku catatan kecil.
Untuk pelajaran hafalan, usahakan punya buku catatan  untuk meringkas poin-poin penting , dengan rapi dan sistematis. Buku catatan yang rapih dan sistematis akan membantu ingatan visualmu dengan baik.
  • Ikut bimbel.
Ikutan bimbingan belajar atau les juga bisa menjadi alternatif membantu memahami pelajaran-pelajaran yang lebih baik.
Semoga bermanfaat......!!!
Disadur dari: http://www.tipsh4re.com/2011/02/tips-meningkatkan-prestasi-belajar.html


<-- Kembali
Copyright © AKES RUSTIDA - BANYUWANGI 2011. All Right Reserved - Maintenance & Program oleh Star Corp.