Benarkah Radiasi Ponsel Bikin Mandul?

Benarkah radiasi elektromagnetik ponsel, yang biasanya dimasukan ke saku celana, berpotensi merusak produksi dan gerakan sperma?

Headline
Peneliti Universitas Exeter memperlihatkan tinjauan bukti bahwa gerakan dan produksi sperma dipengaruhi kebiasaan pria menjaga ponsel di saku. Salah satu ilmuwan sperma di Inggris mengatakan bukti itu terlalu samar.

Penelitian Universitas Exeter yang dipublikasikan jurnal Environment International mengatakan terdapat bukti radiasi elektromagnetik ponsel mempengaruhui produksi dan gerakan sperma.

Dr Fiona Mathews, peneliti utama, mengatakan timnya menganalisis 10 studi terpisah tentang kualitas sperma 1.492 laki-laki; termasuk tes laboratorium terhadap sperma terkena radiasi ponsel, dan kuisoner pria di klinik kesuburan.

"Ada hubungan antara paparan ponsel dan kualitas sperma yang memburuk," ujar Dr Fiona. "Saya kira para pria tidak perlu panik, karena Anda hanya perlu mengubah kebiasaan menyimpan ponsel dari saku celana ke saku lainnya."

Yang tidak bisa dijelaskan Dr Fiona adalah bagaimana paparan elektromangnetik ponsel merusak sperma.

Inilah yang membuat Dr Allan Pacey, dari Universitas Sheffield dan peneliti sperma, mengatakan penelitian itu miskin bukti. Ia yakin paparan elektromagnetik polsen tidak akan mempengaruhi sperma.

"Sampai saat ini saya tetap menyimpan ponsel saya di saku celana bagian kanan, dan tidak ada apa-apa," ujar Dr Allan.



<-- Kembali
Copyright © AKES RUSTIDA - BANYUWANGI 2011. All Right Reserved - Maintenance & Program oleh Star Corp.