Tips Puasa Sehat (2) Ini Pentingnya Makan Buah Saat Puasa

Selain menyantap makanan yang mengandung karbohidrat saat sahur, sangat penting untuk makan buah-buahan karena ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu membuat kenyang lebih lama.

Namun sebaiknya perlu dibedakan jenis buah-buahan yang dikonsumsi pada sahur dengan saat berbuka. Demikian dikatakan dokter spesialis gizi klinik, dokter Fiastuti Witjaksono MS, SpGK.

"Ketika sahur usahakan makan buah yang banyak mengandung serat karena ini akan membantu tubuh tidak merasa cepat lepar selain itu metabolisme tubuh juga terjaga," kata dokter Fiastuti dalam talkshow Puasa Sehat dan Nikmat Bersama Gerakan Buavita Frutarian di Mesjid Istiqlal, Jakarta, kemarin (16/7).

Sementara ketika berbuka, lanjutnya, usahakan dengan makan buah-buahan yang manis. Sehingga akan lebih cepat mengganti energi yang hilang setelah 14 jam berpuasa.

"Sebaliknya hindari makan buah yang asam karena perut kita kosong selama 14 jam ini bisa memicu produksi asam lambung yang tinggi," jelasnya.

Dokter Fiastuti juga menyarankan agar dalam mengkonsumsi buah-buahan dilakukan secara bervariasi, tidak hanya satu jenis saja.


"Yang terpenting adalah variasikan dalam mengkonsumsi buah-buahan karena masing-masing buah memiliki keuntungan yang berbeda antara buah yang satu dengan yang lainnya. Tidak ada dalam satu buah memiliki seluruh kandungan yang bermaanfaat bagi tubuh," ujarnya.

Sementara Senior Brand Manager Buavita, Arya Bahupringga mengatakan, dalam bulan Ramadan ini Buavita berkomitmen memudahkan masyarakat untuk berpuasa dengan cara sehat melalui konsumsi menu seimbang terutama buah disertai aktivitas sehat secara maksimal.

"Nah terkadang kesibukan akan aktivitas sehari-hari membuat orang bahkan tidak memiliki kesempatan untuk makan buah apalagi ketika harus mengupas dan membelah-belahnya. Disini kami berkomitmen untuk memudahkan orang mengkonsumsi makan buah dengan minuman sari buah asli," teranganya.

Arya menegaskan, untuk memberikan manfaat yang sama besarnya dengan buah yang dimakan langsung, Buavita adalah dibuat dari sari buah asli tanpa gula tambahan.



<-- Kembali
Copyright © AKES RUSTIDA - BANYUWANGI 2011. All Right Reserved - Maintenance & Program oleh Star Corp.